ADS

Resep Tempoyak Ikan Patin Istimewa


Resep Tempoyak Ikan Patin Istimewa







 Tempoyak merupakan bumbu orisinil Indonesia yang dibentuk dari daging buah durian yang difermen  Resep Tempoyak Ikan Patin Istimewa
Resep Tempoyak Ikan Patin


Resep Masakan -- Bunda pernah dengar Tempoyak? Tempoyak merupakan bumbu orisinil Indonesia yang dibentuk dari daging buah durian yang difermentasi sehingga aromanya menyengat dengan cita rasa khas. 

Tempoyak umumnya disajikan sebagai lauk dan dimakan bersama nasi. Tetapi sanggup juga dicampur sebagai bumbu dan penyedap sambal.

Bahan utama tempoyak ialah durian masak pohon atau durian yang agak berair. Daging buah durian dihaluskan dan diberi garam supaya proses fermentasinya lebih cepat. Campuran daging buah durian  dan garam ini kemudian dimasukkan dalam toples rapat dan didiamkan selama 3-5 hari. 

Tempoyak merupakan kuliner yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk ketika menyantap nasi. Tempoyak juga sanggup dimakan langsung, namun hal ini jarang sekali dilakukan alasannya banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri.

Citarasa dari Tempoyak ialah asam, alasannya terjadinya proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi materi bakunya. Tempoyak dikenal di Indonesia, terutama di Bengkulu, Palembang, Lampung, Jambi, dan Kalimantan

Tempoyak sangat enak bila dikombinasikan dengan ikan patin. Walau sederhana khas rasa dari tempoyak yang dipadukan dengan lezatnya ikan patin sanggup menjadi sajian Istimewa keluarga. Mau tahu cara memasaknya? Berikut  Resep Tempoyak Ikan Patin Istimewa.


 Tempoyak merupakan bumbu orisinil Indonesia yang dibentuk dari daging buah durian yang difermen  Resep Tempoyak Ikan Patin Istimewa
Tempoyak

Bahan- Bahan Tempoyak Ikan Patin Istimewa:


1/2 kg ikan patin, bersihkan, potong-potong
1 butir bawang merah
1 butir bawang putih
150 gr tempoyak
1 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
800 ml air
gula pasir secukupnya
garam secukupnya
kemangi secukupnya
Penyedap (opsional)

Bumbu Yang Dihaluskan:

5 buah cabai merah
10 buah cabai rawit
3 cm kunyit
3 cm jahe


Langkah Membuat Tempoyak Ikan Patin


Masak air bersama tempoyak, bumbu halus, serai dan lengkuas hingga mendidih.
Masukkan ikan, garam, dan gula pasir. Masak hingga ikan matang.
Angkat dan sajikan.

Praktis kan Bunda, cara menciptakan Tempoyak Ikan Patin. Kalau lagi isu terkini durian ibarat ini, yuuk buruan eksekusi, siapa tahu sanggup jadi sajian favorit di keluarga Bunda.

Selamat mencoba 




Subscribe to receive free email updates:

ADS